10 Cara promosi Online yang efektif baik yang berbayar maupun gratisan

cara promosi online

Cara promosi online yang efektif

Internet telah mengubah banyak hal. Termasuk bagaimana cara promosi produk secara online.
Ada banyak cara promosi yang bisa anda coba.

Baik promosi dengan cara berbayar maupun cara gratisan.

Yang anda butuhkan hanya sedikit usaha. Belajar dan praktek. Atau jika ingin mencoba cara promosi berbayar, anda butuh sedikut uang untuk melakukannya.

Itulah yang selalu kami lakukan saat melakukan promosi beberapa website jasa kami.
Salah satunya adalah SEOElite Jakarta.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi beberapa cara promosi online tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun alias gratis.

Tapi, karena ini gratisan. Tentu hasilnya tidak akan sama dengan cara berbayar. Selain itu, dibutuhkan usaha yang lebih keras dan tekun untuk mendapatkan hasilnya.

Mari kita bahas satu persatu.
Berikut adalah tujuh cara untuk mempromosikan bisnis online Anda yang tidak membutuhkan biaya sepeser pun:

1. Manfaatkan Google Places

Mendaftarkan bisnis Anda dengan Google Places memungkinkan bisnis Anda ditemukan lebih mudah pada pencarian Google dan muncul di Google Maps.

Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir dan mendaftar, kemudian bisnis Anda akan diverifikasi melalui proses konfirmasi mereka, yang dapat dilakukan baik dengan panggilan telepon atau surat.

Selain Google, Yahoo juga memiliki basis data bisnis yang disebut Yahoo! Lokal. Layanan ini gratis, dan tentu saja membutuhkan beberapa menit untuk proses registrasi.

Selain itu, Microsoft Bing juga memiliki layanan serupa yang mudah untuk mendaftar.

2. Promosi dengan Sosial media Organik

Media sosial bukan hanya alat untuk curhat atau say hello saja.

Media sosial kini menjadi investasi gratis untuk setiap bisnis Anda. Anda dapat ikut iklan dan penawaran gartis di halaman Facebook Anda dan juga bisa menyapa pelanggan Anda di Twitter.

Jaringan di LinkedIn — baik di tingkat pribadi dan perusahaan — dapat menjadi cara lain untuk membantu startup Anda makin populer.

3. Promosi menggunakan Blog

Blog tidak hanya membantu perusahaan Anda mendapatkan pengikut, tetapi merupakan cara untuk terhubung dengan konsumen Anda secara langsung.

Namun ingatlah bahwa salah satu kunci utama blogging adalah menjaga agar streaming konten blog Anda diperbarui sesering mungkin.

Blog yang tidak aktif dan terbengkalai tidak ada harganya.

4. Upload Video di Youtube

YouTube menyediakan cara promosi online gratis untuk mendistribusikan video promosi kreatif.

Agar berhasil Anda harus memasang konten yang ingin dilihat orang dan relevan dengan bisnis Anda, iklan terlalu sederhana tidak akan banyak manfaatnya.

Profil Flickr juga dapat membantu dengan memberi Anda satu tempat untuk mengumpulkan semua foto untuk bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk menautkan kembali ke situs web Anda.

5. Promosi Online menggunakan SEO

Pengoptimalan mesin pencari (SEO) jangan sampai anda remehkan agar bisa mendapatkan trafik yang konstan tanpa iklan.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara kerja SEO, kami sarankan untuk mempelajari dan memahami tulisan kami tentang apa itu seo.

Namun, jika anda tidak mau terlibat pekerjaan teknis. Cobalah gunakan jasa Agency SEO yang ada di Kota anda, termasuk di Surabaya.

6. Press Release melalui media online

Setiap kali bisnis Anda melakukan sesuatu yang layak diberitakan, jangan ragu-ragu untuk meluncurkan siaran pers agar orang-orang mengetahui hal itu.

Dalam dunia SEO kita mengenal dengan Press Release.

Media sosial bisa amenjadi alat media yang kuat untuk digunakan untuk membantu menghasilkan publisitas, dan distribusi pesan secara gratis.

Selain media sosial, ada puluhan situs web portal berita yang dapat Anda gunakan untuk siaran pers Anda, Seperti Detik, Kompas, Tribune dan lain sebagainya.

Tergantung sebesar apa budget promosi anda.

7. Aktif dan bergabung dengna komunitas Online

Setiap ceruk bisnis memiliki komunitas online yang dapat Anda ikuti.

Anda harus aktif didalamnya karena hanya mendaftar untuk sebuah forum dan memposting sesekali tentang bisnis Anda tidak bermanfaat bagi siapa pun, dan mungkin hanya akan mengganggu orang.

Secara aktif berkontribusi dan membangun hubungan dengan komunitas, sambil menjaga bisnis Anda tetap tertarget.

Secara pasif mempromosikan bisnis Anda dengan menempatkan tautan di profil Anda atau menyebutkannya hanya ketika konteksnya sesuai merupakan langkah yang kreatif.

Selain cara promosi online gratis, Anda juga bisa menggunakan yang berbayar. Mengapa Anda harus mencari cara promosi online secara gratis?

Tidak semua platform iklan gartis sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itulah Anda perlu menggunakan platform sesuai keinginan yang tentu saja ini berbayar.

Banyak platform iklan memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten Anda ke audiens yang sangat spesifik, menarik pengunjung dan prospek yang berkualitas, dan mengembangkan basis pelanggan Anda.

Kelemahannya?

Anda harus membayarnya. Untungnya, banyak dari mereka yang tidak mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan ROI (imbal balik) yang dapat mereka hasilkan.

Jika Anda takut untuk mulai mempromosikan konten dengan iklan berbayar atau bahkan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Dalam pos ini, saya akan memberi Anda ikhtisar tentang 7 platform promosi konten berbayar paling populer.

8. Promosi dengan Facebook Ads

Menurut Social Media Examiner, Facebook adalah platform promosi konten berbayar paling populer di antara para pemasar.

Bahkan 84% pemasar B2B (bsusiness to business) menggunakannya untuk secara teratur mengarahkan lalu lintas pengunjung ke konten mereka.

(Sangat mengejutkan, bukan?).

Dan menurut AdWeek, pengguna internet menghabiskan sekitar 28% waktu online mereka di jejaring sosial.

Statista juga melaporkan bahwa mengkonsumsi konten adalah salah satu aktivitas utama di Facebook.

Facebook juga menarik pemirsa B2C (business to customers) dan B2B, menjadikannya saluran promosi yang layak untuk hampir semua bisnis.

Jadi terlepas dari apakah Anda menargetkan pelanggan atau merek, Anda memiliki peluang besar untuk menarik mereka ke konten Anda.

9. Promosi dengan Google Ads

AdWords adalah platform ideal untuk menarik pelanggan atau prospek baru, tetapi tidak mempromosikan konten.

Laporan tentang pengguna Media Sosial yang disebutkan di atas menyatakan bahwa 41% pemasar sosial menggunakan AdWords untuk mempromosikan konten secara rutin, menjadikannya strategi promosi konten berbayar terpopuler kedua setelah facebook.

Dan menurut laporan Content Marketing Institute B2B Content Marketing Benchmarks terbaru, pemasaran mesin telusur adalah strategi konten berbayar paling populer di kalangan pemasar.

Dari peserta survei, 66% mengaku menggunakan platform iklan Google untuk mempromosikan konten mereka.

Terlebih lagi, 55% menganggap AdWords sebagai strategi promosi berbayar yang paling efektif.

10. Promosi dengan Linkedin

Social Media Examiner melaporkan bahwa LinkedIn adalah strategi promosi konten berbayar terpopuler ke-3 di antara pemasar, dengan 18% dari mereka menggunakannya secara efektif untuk mendistribusikan konten.

Dan InsideView menyatakan bahwa LinkedIn memberikan lebih banyak prospek kepada perusahaan B2B daripada situs jejaring sosial lainnya atau blog perusahaan.

TULISAN TERBARU

ABOUT SEOPRENEUR

Agency SEO Indonesia yang sudah berpengalaman sejak 10 tahun lalu. Menawarkan Layanan SEO dengan biaya yang lebih murah.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang SEO.

HUBUNGI

Whatsapp :
0822-1917-5900

Hari Operasional :
Senin - Jum'at : 08.00 - 18.00 WIB

© 2020 SEOPreneur Indonesia All rights reserved

TOP