Tips cara promosi di Google agar banyak pengunjung & pembeli

Tips cara promosi di Google agar banyak pengunjung & pembeli

Tips cara promosi di Google

Promosi di google bisa jadi solusi bisnis masa kini yang banyak mengandalkan interaksi online. Google sebagai search enginee terbesar di dunia bsejauh ini cukup akrab dengan pebisnis, baik melalui cara promosi berbayar maupun yang gratis.

Bagi yang masih pemula, mencari yang gratis di google bisa jadi sarana belajar. Tapi jangan salah, walaupun gratis tetap saja efektif jika paham cara promosi di google dengan tepat.

Salah satu metode prmosi di google yang gratis adalah dengan memanfaatkan teknik SEO. Tak ada salahnya Anda belajar dari SEO berpengalaman berikut ini:

Posting Artikel yang mendalam di website Anda

Menurut Moz Cast Feature Graph, 6% hasil pencarian Google mengandung artikel yang mendalam dan lengkap. Meskipun ini tidak tampak seperti angka yang besar, artikel yang memenuhi syarat google terlihat adanya peningkatan lalu lintas yang signifikan.

Hasilnya, tentu pengunjung website semakin banyak dan calon pembeli produk maupun jasa anda juga terus bertambah.

Dengan menerbitkan artikel yang lengkap dan mencakup banyak hal terkait dengan topik yang dibahas, membuat halaman artikel anda semakin mudah mendapatkan peringkat di Google.

Meningkatkan kepuasan pengguna

Bisakah Anda meningkatkan peringkat Google Anda dengan meningkatkan pengalaman tamu Anda saat pertama kali berkunjung ke situs Anda? Dalam banyak hal, jawabannya adalah “ya,” dan pengalaman beberapa SEO mengisyaratkan bahwa efeknya mungkin lebih besar dari yang kita sadari.

Kita tahu bahwa algoritma Panda Google menghukum situs-situs “berkualitas rendah”. SEO berpengalaman juga tahu bahwa Google mungkin mengukur kepuasan saat pengguna mengklik hasil pencarian.

“… Google dapat melihat seberapa puas pengguna. … Tanda terbaik dari kebahagiaan mereka adalah” klik panjang “- ini terjadi ketika seseorang pergi ke hasil pencarian, idealnya yang teratas, dan tidak kembali lagi.” -Stephen Levy dari bukunya yang luar biasa yang berjudul “In the Plex”

Kondisi seperti ini disebut pogosticking, atau return-to-SERP, dan jika Anda dapat menguranginya dengan menjaga pengunjung yang puas di situs Anda (atau setidaknya tidak kembali ke Google untuk mencari jawabannya di tempat lain) banyak SEO percaya Google akan membalas Anda dengan posisi lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Isi konten website Anda dengan banyak cuplikan data terstruktur

Google terus-menerus memperluas jenis cuplikan konten yang kaya akan tampilan dalam hasil penelusuran, termasuk acara, lagu, video yang dikenal sebagai data terstruktur. Dua jenis optimasi favorit SEO untuk meningkatkan klik adalah video dan tulisan original.

Pengoptimalan video

Pixel untuk cuplikan video menangkap lebih banyak pencarian di google daripada jenis postingan yang lain karena menurut sebuah studi telah menunjukkan bahwa mata kita langsung tertuju kepada mereka.

Tidak seperti foto penulis, cuplikan video sering kali lebih mudah untuk ditampilkan dan tidak perlu menghubungkannya dengan akun Google+. Cuplikan video umumnya mengharuskan pembuatan peta situs XML video dan menambahkan optimasi video schema.org.

Untuk menyederhanakan berbagai hal, banyak layanan pihak ketiga akan mengurus detail teknis untuk Anda terkait posting video ini seperti Moz.com yang membuat sitemap dan menambahkan optimasi video dengan schema.org secara otomatis. Baik schema.org dan peta situs XML memungkinkan Anda menentukan thumbnail video yang muncul dalam hasil pencarian. Karena thumbnail sangat memengaruhi klik, pilihlah dengan bijak untuk optimasi.

Isi web Anda dengan postingan foto yang marketable dan ukuran file yang tepat

Foto/gambar yang marketable banyak diincar dalam hasil pencarian Google walaupun tidak menjamin lebih banyak klik, tetapi mendapatkan foto yang tepat dapat membantu tingkat klik-tayang Anda untuk mendapatkan banyak hasil. Beberapa faktor berikut ini bisa banyak membantu:

  • Gunakan wajah asli, bukan logo perusahaan, kartun, atau ikon
  • Warna kontras tinggi. Karena foto itu kecil, Anda ingin foto itu menonjol dengan pemisahan yang baik antara latar belakang dan latar depan.
  • Audiens ditargetkan. Misalnya, penggemar muda film anak-anak kemungkinan kecil tidak akan mengklik seorang pria tua dengan jas yang terlihat seperti penasihat keuangan.

Google baru-baru ini menjadi lebih selektif tentang foto-foto postingan website dan jeli memilih untuk ditampilkan.

Tips cara promosi di Facebook untuk meningkatkan penjualan

Tips cara promosi di Facebook untuk meningkatkan penjualan

Tips Cara promosi di Facebook

Untuk memasarkan bisnis Anda dengan sukses di Facebook, Anda perlu memahami peluang unik dan cara promosi di facebook, dan bagaimana peluang unik itu berbeda dari media lain. Anda tidak boleh sama menjalankan iklan di facebook sama dengan iklan radio atau televisi, atau memasarkan produk di majalah atau di situs web lainnya.

Jangan gunakan Facebook untuk Hard Selling (Jualan Langsung)

Orang-orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan tempat mereka mengobrol dengan teman, melihat foto dan video, dan bersantai. Anda perlu bergabung dalam percakapan dan menjadi bagian dari komunitas, daripada menjadi pebisnis yang mencoba menjual secara agresif.

Model hard selling seperti menggunakan slogan iklan, memposting berulang kali tentang produk atau layanan tertentu, atau memberikan daftar produk dan harga secara terpisah dari percakapan terkait akan mengakibatkan pengguna lain ‘tidak mengikuti Anda’ (unfollow/unfriend). Mereka bahkan dapat memposting komentar negatif tentang bisnis Anda.

Memiliki tujuan dan strategi yang jelas

Sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan Facebook, dan strategi untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kedai kopi mungkin memutuskan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh Facebook sebesar 10% dalam 6 bulan ke depan. Strategi mereka bisa meliputi:

  • Membuat posting setiap pagi menampilkan ucapan selamat pagi pada hari istimewa, menggunakan kode kupon dan sebagainya.
  • Memposting foto harian yang menampilkan pelanggan yang menjadi “Raja Kopi”’ pada hari itu
  • Mendorong pengguna untuk memposting foto mereka sendiri sambil menikmati kopi.

Menetapkan tujuan dan strategi akan memberi Anda arahan untuk pemasaran Facebook kedepan dan cara untuk mengukur kesuksesan Anda.

Posting secara teratur

Tidak seperti media tradisional (seperti majalah atau televisi), atau media online lainnya (seperti halaman web), media sosial dibangun dengan kondisi sering terjadi pembaruan.

Penelitian Australia baru-baru ini menunjukkan bahwa pengguna Facebook memeriksa halaman mereka lebih dari 25 kali per minggu, dan mereka perlu melihat bahwa Anda secara teratur memposting materi baru. Beberapa panduan merekomendasikan untuk mem-posting setidaknya satu kali sehari, tetapi prinsip-prinsip intinya adalah memposting ketika Anda memiliki konten yang menarik, dan untuk menilai seberapa sering audiens Anda ingin mendengar dan melihat produk dari Anda.

Dorong komentar dan balas dengan cepat

Dorong pengguna Facebook lainnya untuk menanggapi posting Anda atau untuk memposting komentar mereka sendiri tentang bisnis Anda atau topik yang menarik bagi mereka dan Anda. Ketika mereka memposting, tanggapilah dengan cepat – dalam 24 jam adalah yang terbaik.

Gagal menanggapi akan melemahkan kesediaan teman Facebook Anda untuk terlibat komunikasi dengan Anda, dan mereka akan perlahan-lahan menjauh.

Gunakan gambar dan video

Gambar dan video adalah elemen utama dari branding produk di Facebook. Gunakan mereka secara kontinyu untuk menjaga teman-teman Anda terlibat dalam komunikasi dan merasa terhibur, misalnya saja:

  • Pengecer pakaian bisa memposting foto-foto stok baru saat tiba produk dari suplier
  • Seorang arsitek dapat memposting gambar rumah sehari-hari yang sedang direnovasi
  • Seorang pelatih gym private dapat memposting video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.

Dapatkan interaktif dengan penawaran, kontes, permainan, survei, dll. Orang-orang akan menyukainya ketika Facebook menyenangkan, dan ketika itu memberikan sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dengan cara lain.

Ingat, penelitian menunjukkan bahwa diskon dan hadiah adalah alasan paling populer bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook bisnis. Demikian juga, kontes dan permainan dapat digunakan untuk menghidupkan halaman Anda.

Facebook juga dapat digunakan untuk mendistribusikan survei pelanggan. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda membuat survei singkat, dan berikan tautan survei yang dapat dengan mudah diklik, atau dibagikan dengan teman-teman mereka.

Dropshipper – Cara memulai usaha Online tanpa modal dan resiko

Dropshipper – Cara memulai usaha Online tanpa modal dan resiko

Apa itu Dropshipper

Dropshipper adalah metode ritel di mana Anda tidak perlu menyimpan produk dalam stok dalam menjalankan bisnis. Sebaliknya, Anda bermitra dengan pemasok grosir yang memiliki persediaan sendiri. Sistemnya adalah Anda mentransfer pesanan pelanggan dan rincian pengiriman kepada mereka, dan mereka mengirimkan barang langsung ke pelanggan.

Manfaat terbesar dari model Dropshipper adalah Anda tidak perlu khawatir tentang pemenuhan produk permintaan pelanggan atau masalah persediaan. Enaknya lagi Dropshipper bisa dijalankan dengan cara online.

Hebatnya lagi, sebagian besar pelanggan tidak tahu bahwa Anda melakukan pengiriman model dropshipper, karena “pengiriman menggunakan label pribadi” memungkinkan Anda mengirim dari pedagang grosir dengan alamat pengirim dan faktur yang disesuaikan dengan nama toko online Anda. Makin penasaran dengan sistem Dropshipper ini? Berikut ini cara mudah menjalankan bisns ini:

Langkah 1: Cari tahu niche/ceruk bisnis produk yang akan Anda jalani

Salah satu kesalahpahaman terbesar yang biaa terjadi pada sistem Dropshipper ini adalah Anda bermain di hampir semua ceruk bisnis, bahkan jika Anda tidak tertarik dengan apa yang Anda jual sekalipun.

Tanpa pengetahuan apa pun tentang niche yang Anda pilih, Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk menangkap apa pun kelemahan tentang kualitas produk, proses, harga, atau apa pun yang terkait. Hal ini membuat produk dan layanan and kurang kompetitif.

Memilih ceruk yang benar-benar Anda pahami akan memberi Anda beberapa keuntungan tambahan dibandingkan pesaing Anda. Terutama jika mereka tidak menginvestasikan sejumlah penelitian atau pengalaman pribadi yang sama!

Jika Anda kesulitan menemukan ceruk sempurna untuk ditekuni, ikuti langkah-langkah cepat (dan efektif) ini:

  • Identifikasi minat Anda. Anda mungkin sudah tahu ini, tetapi bisnis tidak selalu mudah. Akan ada saat-saat di mana Anda merasa ingin menyerah dan, sayangnya, jika Anda tidak bergairah tentang niche Anda, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk meninggalkannya.
  • Identifikasi masalah yang dapat Anda atasi dari ceruk bisnis Anda. Untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan, Anda harus meneliti masalah apa yang mungkin dirasakan pelanggan Anda dan mendapatkan solusi untuk mereka.
  • Teliti pesaing Anda. Apakah niche yang Anda minati terlalu jenuh? Jika demikian, apakah persaingannya mudah dikalahkan? Lebih baik lagi, apakah bisa mengalahkan mereka? Bisa jadi Anda akan sering menemukan bahwa ceruk yang paling Anda minati adalah salah satu yang hampir semua orang sudah menjadi bagian darinya.
  • Tentukan apakah ceruk Anda menguntungkan atau tidak. Apakah Anda dapat memperoleh jumlah uang yang bagus dari niche Anda? Cara yang baik untuk mengetahui apakah ceruk Anda prospek atau tidak adalah dengan melihat item yang sedang tren di marketplace seperti tokopedia atau bukalapak.

Langkah 2: Temukan supplier dropship yang tepat

Menemukan pemasok grosir mungkin terdengar sulit, tetapi dengan cermat melihat produk di marketplace, Anda bisa menemukan pemasok yang tepat. Dari sana, Anda akan menemukan pemasok grosir yang Anda sukai, hubungi mereka, dan gerakkan roda bisnis Anda. Sebelum Anda puas dengan pemasok, pastikan untuk mengajukan beberapa pertanyaan berikut:

  • Berapa lama waktu yang diperlukan agar pesanan dikirimkan setelah pembelian dilakukan?
  • Metode pengiriman apa yang mereka tawarkan dan seperti apa sistem pelacakan mereka?
  • Apa sajakah sistem kendali mutu mereka?
  • Apakah mereka menawarkan jaminan?
  • Bisakah Anda menggunakan foto produk mereka? Atau, pertanyaan yang lebih baik, apakah mereka dapat memberi Anda foto produk terbaru mereka?

Dengan mempertimbangkan beberapa langkah diatas, maka anda bisa mulai untuk menjadi dropshipper sekarang juga.

7 Tips cara menjadi reseller yang sukses. Cocok untuk pemula

7 Tips cara menjadi reseller yang sukses. Cocok untuk pemula

Tips cara menjadi reseller sukses

Salah satu bisnis termurah yang bisa dimulai dari rumah Anda sendiri adalah bisnis penjualan kembali. Untuk sukses di bisnis ini, Anda harus paham bagaimana cara menjadi reseller yang baik.

Kebanyakan orang memulai dengan menjual barang-barang mereka yang tidak lagi mereka inginkan. Setelah Anda menjual semuanya di rumah Anda, baru Anda coba menjualkan barang orang lain dengan sistem reseller.

Aa daya tarik menjadi reseller? Yang pasti Anda tak perlu modal, tak butuh tempat/gudang stock dan tak ada resiko barang gak laku. Asyik, bukan?

Nah, berikut adalah beberapa tips cara menjadi reseller untuk membantu Anda dalam misi Anda untuk menjadi reseller berkelas:

Pilih produk yang tepat

Mencari tahu apa yang ingin Anda jual kembali itu penting. Anda tidak PERLU membatasi diri hanya pada satu jenis item saja. Tetapi semakin Anda tahu tentang merek, barang, atau perusahaan yang barangnya anda bantu jual kembali, maka itu, keputusan yang lebih baik bagi Anda. Awasi baik-baik nama merek, penjual populer, dan hal-hal yang mudah dikirimkan agar proses transaksi lancar, barang juga laris di pasaran.

Lakukan survey/riset produk

Salah satu bagian besar dari menjadi reseller/pengecer yang sukses adalah mencari tahu apa yang harus dijual kembali dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Luangkan waktu untuk meneliti barang apa yang paling laku, cari tahu barang apa yang ‘panas’ untuk musim belanja saat ini. Pelajari juga cara mengidentifikasi item yang benar dari yang palsu.

Mengetahui Tempat Berbelanja/Suplier yang baik

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan barang yang layak untuk dijual kembali di mana saja? Cermati supllier Anda. Beberapa toko memiliki ketentuan atas produk yang berbeda. Reseller sukses skala global bisa menjual barang kembali di situs top dunia Ebay.

Untuk lokal, mungkin anda bisa belanja di Tokopedia, Bukalapak, Shoppee dan lain sebagainya. Temukan supplier terbaik anda disana.

Cermat cek kondisi barang

Ini bisa jadi rumit! Di sinilah penelitian yang Anda lakukan tadi dapat berguna. Apalagi jika anda bermain di barang murah. Karena, barang-barang yang dalam kondisi terbaik biasanya akan dijual dengan harga terbaik. Jika suatu barang rusak, pastikan untuk mempertimbangkannya agar bisa ditukar.

Ketahui Potensi Pasar

Mengetahui pasar Anda adalah tentang bagaimana anda mengetahui di mana membeli produk dan bagaimana menjual barang yang Anda miliki. Misalnya, untuk skala global Amazon adalah tempat yang jauh lebih baik untuk menjual buku daripada eBay. Item yang besar atau sulit untuk dikirim melalui surat mungkin perlu dijual melalui Facebook atau Craigslist. Sebagian besar barang lainnya mungkin laku di Facebook, dan tdak cocok untuk platform lainnya. Lakukan penggalian dan cari tahu tempat terbaik untuk menjual barang-barang Anda.

Perhatikan kemasan produk dan proses pengiriman

Jika Anda melakukan banyak pembelian dan penjualan online, pastikan untuk cek kondisi kemasan produk tetap baik karena itu merupakan “customer service” kita di mata pelanggan.

Belajar Strategi Penjualan yang Sukses

Kunci sukses menjadi reseller adalah menjual kembali barang yang tepat pada waktu yang tepat. Manfaatkan musim penjualan puncak (misalnya sebulan menjelang libur lebaran) dan manfaatkan musim puncak sekolah membuat anda lebih mudah memainkan harga dan mengontrol margin keuntungan.

Lihatlah daftar reseller yang sukses dan tiru apa yang dilakukan mereka. Ingatlah bahwa gambar yang bagus, jelas, dan deskripsi ringkas, praktis dan jelas adalah jalan menuju penjualan yang sukses.

Ikuti kiat-kiat agar anda sukses menjadi reseller diatas. Jangan putus asa dan terus sukses dalam mencoba hal hal baru setiap harinya.

Tips cara promosi di Instagram. Pemula pun bisa mempraktekannya

Tips cara promosi di Instagram. Pemula pun bisa mempraktekannya

Tips cara promosi di Instagram

Instagram terus berubah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling populer dan menarik. Dulunya hanya sebagai media berbagi foto, namun kini bisa buat promosi bisnis, sehingga bagi yang ingin memasarkan produk melalui instagram, mereka harus paham cara promosi di instagram tersebut.

Perlu dicatat bahwa hampir 60% pengguna Instagram jatuh dalam kelompok usia 18-19 tahun. Ini adalah demografi yang sangat berharga untuk bisnis yang mencoba membangun merk berdasar jumlah member yang besar yang juga membuat Instagram sangat kompetitif.

Dengan strategi pemasaran terencana dan identitas merek yang kuat, bisnis Anda bisa mendapatkan eksposur yang tepat. Simak cara promosi di instagram berikut ini:

Jadikan Nama Pengguna Anda Sederhana & Mudah Dicari

Mayoritas pelanggan Anda melakukan pencarian cepat di Instagram Explore. Tugas Anda adalah membuatnya semudah mungkin untuk menemukan Anda. Jangan membuatnya lebih sulit dengan menggunakan nama profil yang berbeda di seluruh jaringan Anda.

Jaga agar semua media sosial Anda menangani secara konsisten dan sederhana dengan mengikuti praktik terbaik berikut ini:

  • Sederhana dan mudah dieja
  • Sama di seluruh jejaring sosial
  • Sesuai dengan nilai merek dan perusahaan Anda
  • Tidak ada garis bawah, karakter atau angka khusus

Misalnya, salah satu produk yang sukses di instagram, Revolution Brewery menggunakan pegangan yang sama di seluruh jaringan, cukup diberi judul RevBrewChicago. Nama pengguna yang diperpendek memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi bisnis Anda, dan jika ingin memperkuat jenis usaha yang Anda lakukan bisa dengan menambahkan “Revolution Brewery”  pada contoh ini yang dijadikan sebagai nama profil Instagram, keduanya dapat dengam mudah dicari.

Jadikan Instagram Hashtags untuk memudahkan Sahabat Terbaik Anda mencarinya

Hashtags adalah sumber penemuan yang bagus di Instagram. Baik Anda ingin meningkatkan visibilitas atau menemukan apa yang Anda cari, hashtag untuk Instagram adalah cara terbaik untuk mendapatkannya.

Sebaiknya terus-menerus mencari hashtag terbaru di industri Anda. Hashtag tidak harus benar-benar berkorelasi dengan merek Anda, tetapi harus tetap relevan. Setelah Anda menemukan beberapa kandidat hashtag, gunakan mereka dalam kampanye, untuk menemukan pengikut baru dan dapatkan hasil ekstranya!

Tahukah Anda 7 dari 10 hashtag Instagram bermerek?

Itulah mengapa Anda juga harus melihat untuk membuat hashtag bermerek unik Anda sendiri untuk membangun lebih banyak kesadaran di sekitar profil Anda agar bisa follow (mengkuti) Anda. Menggunakan kombinasi hashtags bermerek dan standar adalah cara yang bagus untuk melihat respon pasar.

Tunjukkan Pengguna Tempat Anda Berada & Tempat Anda Bisa Dikunjungi

Dengan fitur geotagging di Instagram, cukup mudah untuk membuat Anda terlihat di kota Anda bagi siapapun di seluruh penjuru dunia. Jika bisnis Anda memiliki banyak lokasi, gunakan geotag untuk mempromosikan Instagram Anda di berbagai lokasi.

Ini memberi pengguna Instagram kesempatan untuk melihat bermacam-macam foto dan video yang ditandai di lokasi tertentu.

Geotag membuat konten juga mudah disimpan. Ini juga memberi Anda peluang besar untuk melihat konten buatan pengguna yang menampilkan merek atau tempat bisnis Anda. Dari sana, Anda dapat terlibat komunikasi dengan pelanggan yang memberi tag Anda dan berterima kasih kepada mereka karena menggunakan layanan Anda.

Dengan lebih dari 8 juta akun bisnis terdaftar, aplikasi ini telah menjadi platform media sosial yang terbukti ampuh untuk pemasaran dan pembentukan merek.

Sekitar 80 juta foto diunggah ke Instagram setiap hari oleh basis pengguna aktifnya yang besar, yang dapat Anda masuki sebagai bisnis dengan memahami cara promosi di instagram yang baik seperti ulasan diatas. Atau anda menggunakan jasa agency Instagram seperti The Socmed untuk melakukannya.

Strategi promosi Online untuk meningkatkan keuntungan

Strategi promosi Online untuk meningkatkan keuntungan

Strategi promosi Online

Keuntungan adalah aspek paling penting dari bisnis apa pun, karena tidak ada gunanya menjalankan bisnis yang tidak menghasilkan keuntungan. Agar bisa maksimal harus didukung dengan strategi promosi online yang tepat.

Memulai bisnis tidak selalu menghasilkan keuntungan langsung, yang penting adalah wirausahawan harus terus mengembangkan strategi promosi online mereka dan menerapkan praktik terbaik untuk melewati target yang telah dibuat.

Agar berhasil dan bisnis Anda menjadi besar di pasar, Anda harus berpikir out-of-the-box. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah berorientasi pada profit, dan mengembangkan strategi dengan biaya minimal. Berikut ini caranya:

Gunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Keuntungan Anda

Saat ini, perilaku belanja konsumen telah berubah secara drastis. Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler dan media sosial untuk berinteraksi termasuk dalam mebeli produk sesuai dengan merek yang mereka kenal. Hal ini telah membuka jalan bagi bisnis untuk menggunakan peluang ini demi keuntungan mereka.

Dengan platform media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, Anda juga dapat mengubah strategi promosi Anda dan meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan media sosial ini.

Menurut penelitian emarketer, 50% pemilik bisnis kecil di Amerika Serikat menggunakan media sosial sebagai taktik pemasaran digital utama mereka karena membantu mereka terhubung dengan pelanggan baru. Di Indonesia, cepat atau lambat akan mengarah kesitu juga.

Selain Facebook, saluran media sosial lainnya juga bisa digunakan. Pinterest, misalnya, telah memperkenalkan pin buyable; Twitter memiliki tombol “Beli Sekarang”; Instagram memiliki platform yang mudah dijual melalui iklan. Disis lain saat memposting video yang menarik,YouTube dapat memberi Anda dimbal balik yang besar.

Media sosial juga membantu Anda berinteraksi dengan banyak orang yang tentu saja bisa menciptakan peluang bisnis baru.

Gunakan Referensi Dan Program Afiliasi

Referensi semakin menjadi komponen penting dari strategi penjualan yang sukses. Jika dahulu  rujukan datang dari mulut ke mulut adalah cara mudah, di era mas kini viral begitu efektif untuk meningkatkan keuntungan Anda.

Jika pelanggan secara aktif berbicara tentang produk atau layanan Anda dan membawa prospek ke proses “closing deal” tentu ini yang diharapkan pemilik produk.

Referensi tidak otomatis. Beberapa terjadi begitu saja tetapi sebagian besar terjadi karena Anda melakukan sesuatu untuk memicu mereka. Anda harus belajar untuk bertanya kepada pelanggan Anda, meskipun dengan mengutarakannya dalam bentuk semacam bantuan.

Kenapa begitu?

Karena orang suka membantu orang lain, terutama ketika mereka sudah mengenal mereka. Program inilah yang dinamakan afiliasi.

Anda dapat melakukannya dengan menargetkan pelanggan Anda yang paling berpengaruh. Tidak hanya afiliasi memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif, mereka juga melindungi Anda dari para pesaing. Jika Anda memiliki cukup afiliasi di ceruk bisnis Anda, hal itu akan membuat lebih sulit bagi pesaing untuk mengambil pangsa pasar Anda.

Strategi Periklanan Online yang Tepat

Jika 2 strategi diatas belum juga masuk target, jangan berkecil hati, karena ada pilihan lain yang dapat Anda ubah, bahwa itu jauh lebih sederhana, murah, dan terbaik dari semuanya, efektif .

Iklan online telah menjadi salah satu pilihan favorit untuk bisnis yang ingin menarik prospek karena memungkinkan mereka meningkatkan visibilitas mereka di platform utama Internet secara instan. Contoh dari platform ini termasuk Google, Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Pengguna yang mengklik iklan untuk produk atau layanan tertentu jauh lebih tersegmentasi, karena mereka sudah dalam tahap keputusan dan oleh karena itu lebih prospektif  untuk berubah menjadi pelanggan bisnis Anda.

Salah satu keuntungan dari strategi ini adalah Anda hanya membayar untuk iklan yang diklik saja. Sederhananya, Anda memutuskan apakah Anda membayar untuk tayangan, klik, prospek atau konversi. Misalnya, jika sasaran utama Anda adalah meningkatkan penjualan, kampanye yang berfokus pada konversi adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Cara promosi Online yang efektif baik yang berbayar maupun gratisan

Cara promosi Online yang efektif baik yang berbayar maupun gratisan

Cara promosi online yang efektif

Cara promosi online melalui internet penuh dengan platform pemasaran baik yang memerlukan biaya atau tidak memerlukan biaya sepeser pun, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya. Sebelum adanya internet, bisnis hanya memiliki beberapa cara untuk memasarkan produk mereka dengan harga murah, melalui metode seperti mencetak brosur atau mensponsori acara lokal secara kecil-kecilan.

Sekarang ada banyak peluang di luar sana baik berbayar maupun gratisa, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Mengapa Anda harus mencari cara promosi online secara gratis?

Anda mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan untuk pemasaran pada tahap awal startup Anda. Inilah alasan utama mengapa Anda harus mencari cara promosi online gratis, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak ada cara efektif untuk mengenalkan produk Anda di luar sana.

Berikut adalah tujuh cara untuk mempromosikan bisnis online Anda yang tidak membutuhkan biaya sepeser pun:

Memanfaatkan Google Places

Mendaftarkan bisnis Anda dengan Google Places memungkinkan bisnis Anda ditemukan lebih mudah pada pencarian Google dan muncul di Google Maps. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir dan mendaftar, kemudian bisnis Anda akan diverifikasi melalui proses konfirmasi mereka, yang dapat dilakukan baik dengan panggilan telepon atau surat.

Selain Google, Yahoo juga memiliki basis data bisnis yang disebut Yahoo! Lokal. Layanan ini gratis, dan tentu saja membutuhkan beberapa menit untuk proses registrasi. Selain itu, Microsoft Bing juga memiliki layanan serupa yang mudah untuk mendaftar.

Cara promosi online gratis melalui media sosial

Media sosial bukan hanya alat untuk curhat atau say hello saja. Media sosial kini menjadi investasi gratis untuk setiap bisnis Anda. Anda dapat ikut iklan dan penawaran gartis di halaman Facebook Anda dan juga bisa menyapa pelanggan Anda di Twitter.

Jaringan di LinkedIn — baik di tingkat pribadi dan perusahaan — dapat menjadi cara lain untuk membantu startup Anda makin populer.

Cara promosi online gratis melalui blog

Blog tidak hanya membantu perusahaan Anda mendapatkan pengikut, tetapi merupakan cara untuk terhubung dengan konsumen Anda secara langsung.

Namun ingatlah bahwa salah satu kunci utama blogging adalah menjaga agar streaming konten blog Anda diperbarui sesering mungkin. Blog yang tidak aktif dan terbengkalai tidak ada harganya.

Pasang multimedia di YouTube dan Flickr

YouTube menyediakan cara promosi online gratis untuk mendistribusikan video promosi kreatif. Agar berhasil Anda harus memasang konten yang ingin dilihat orang dan relevan dengan bisnis Anda, iklan terlalu sederhana tidak akan banyak manfaatnya.

Profil Flickr juga dapat membantu dengan memberi Anda satu tempat untuk mengumpulkan semua foto untuk bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk menautkan kembali ke situs web Anda.

SEO untuk situs web perusahaan Anda

Pengoptimalan mesin pencari tidak dapat diremehkan di dunia Googling untuk mendapatkan pengunjung yang konstan. Ambil buku atau kunjungi panduan cara online tentang SEO dan pastikan situs Anda bekerja dengan teknik SEO yang benar.

Siaran pers melalui media sosial

Setiap kali bisnis Anda melakukan sesuatu yang layak diberitakan, jangan ragu-ragu untuk meluncurkan siaran pers agar orang-orang mengetahui hal itu. Media sosial bis amenjadi alat media yang kuat untuk digunakan untuk membantu menghasilkan publisitas, dan distribusi pesan secara gratis. Selain media sosial, ada puluhan situs web di luar sana yang dapat Anda gunakan untuk siaran pers Anda, seperti PRLog dan Press Release 24/7.

Bergabung dengan komunitas online yang relevan dan berkontribusi

Setiap ceruk bisnis memiliki komunitas online yang dapat Anda ikuti. Anda harus aktif didalamnya karena hanya mendaftar untuk sebuah forum dan memposting sesekali tentang bisnis Anda tidak bermanfaat bagi siapa pun, dan mungkin hanya akan mengganggu orang. Secara aktif berkontribusi dan membangun hubungan dengan komunitas, sambil menjaga bisnis Anda tetap tertarget. Secara pasif mempromosikan bisnis Anda dengan menempatkan tautan di profil Anda atau menyebutkannya hanya ketika konteksnya sesuai merupakan langkah yang kreatif.

Selain cara promosi online gratis, Anda juga bisa menggunakan yang berbayar. Mengapa Anda harus mencari cara promosi online secara gratis?

Tidak semua platform iklan gartis sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itulah Anda perlu menggunakan platform sesuai keinginan yang tentu saja ini berbayar. Banyak platform iklan memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten Anda ke audiens yang sangat spesifik, menarik pengunjung dan prospek yang berkualitas, dan mengembangkan basis pelanggan Anda.

Kelemahannya?

Anda harus membayarnya. Untungnya, banyak dari mereka yang tidak mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan ROI (imbal balik) yang dapat mereka hasilkan.

Jika Anda takut untuk mulai mempromosikan konten dengan iklan berbayar atau bahkan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam pos ini, saya akan memberi Anda ikhtisar tentang 7 platform promosi konten berbayar paling populer.

Iklan Facebook

cara promosi onlineMenurut Social Media Examiner, Facebook adalah platform promosi konten berbayar paling populer di antara para pemasar. Bahkan 84% pemasar B2B (bsusiness to business) menggunakannya untuk secara teratur mengarahkan lalu lintas pengunjung ke konten mereka.

(Sangat mengejutkan, bukan?). Dan menurut AdWeek, pengguna internet menghabiskan sekitar 28% waktu online mereka di jejaring sosial.

Statista juga melaporkan bahwa mengkonsumsi konten adalah salah satu aktivitas utama di Facebook. Facebook juga menarik pemirsa B2C (business to customers) dan B2B, menjadikannya saluran promosi yang layak untuk hampir semua bisnis.

Jadi terlepas dari apakah Anda menargetkan pelanggan atau merek, Anda memiliki peluang besar untuk menarik mereka ke konten Anda.

Biaya iklan facebook

Iklanan Facebook adalah platform penawaran, yang berarti Anda dapat menentukan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk sebuah kampanye iklan. Di Facebook, Anda dapat menawar Biaya Per Klik, Tayangan, Biaya Per Tindakan / Konversi dan Biaya Per Suka atau lika, dan harga akhir dipengaruhi oleh: pengunjung yang Anda targetkan, serta kualitas iklan Anda.

AdWords

AdWords adalah platform ideal untuk menarik pelanggan atau prospek baru, tetapi tidak mempromosikan konten. Laporan tentang pengguna Media Sosial yang disebutkan di atas menyatakan bahwa 41% pemasar sosial menggunakan AdWords untuk mempromosikan konten secara rutin, menjadikannya strategi promosi konten berbayar terpopuler kedua setelah facebook.

Dan menurut laporan Content Marketing Institute B2B Content Marketing Benchmarks terbaru, pemasaran mesin telusur adalah strategi konten berbayar paling populer di kalangan pemasar. Dari peserta survei, 66% mengaku menggunakan platform iklan Google untuk mempromosikan konten mereka. Terlebih lagi, 55% menganggap AdWords sebagai strategi promosi berbayar yang paling efektif.

Biaya Adwords

AdWords adalah sistem iklan berbasis lelang dimana tempat iklan Anda menentukan jumlah yang bersedia Anda bayarkan untuk setiap klik pada iklan Anda untuk kata kunci tertentu.

LinkedIn

Social Media Examiner melaporkan bahwa LinkedIn adalah strategi promosi konten berbayar terpopuler ke-3 di antara pemasar, dengan 18% dari mereka menggunakannya secara efektif untuk mendistribusikan konten.

Dan InsideView menyatakan bahwa LinkedIn memberikan lebih banyak prospek kepada perusahaan B2B daripada situs jejaring sosial lainnya atau blog perusahaan.

Biaya iklan Linkedin

LinkedIn menawarkan dua model penetapan harga berdasar CPM – Anda menawar berapa banyak yang Anda bayarkan untuk 1.000 tayangan iklan

Sekarang setelah Anda memahami apa perbedaan platform promosi konten berbayar dan gratis serta pro dan kontra dari masing-masing platform. Anda akan memiliki kesempatan yang lebih mudah untuk mendapatkan prospek potensial dengan cara memperhatikan konten Anda dengan cara yang tepat!