7 Tips cara menjadi reseller yang sukses. Cocok untuk pemula

7 Tips cara menjadi reseller yang sukses. Cocok untuk pemula

Tips cara menjadi reseller sukses

Salah satu bisnis termurah yang bisa dimulai dari rumah Anda sendiri adalah bisnis penjualan kembali. Untuk sukses di bisnis ini, Anda harus paham bagaimana cara menjadi reseller yang baik.

Kebanyakan orang memulai dengan menjual barang-barang mereka yang tidak lagi mereka inginkan. Setelah Anda menjual semuanya di rumah Anda, baru Anda coba menjualkan barang orang lain dengan sistem reseller.

Aa daya tarik menjadi reseller? Yang pasti Anda tak perlu modal, tak butuh tempat/gudang stock dan tak ada resiko barang gak laku. Asyik, bukan?

Nah, berikut adalah beberapa tips cara menjadi reseller untuk membantu Anda dalam misi Anda untuk menjadi reseller berkelas:

Pilih produk yang tepat

Mencari tahu apa yang ingin Anda jual kembali itu penting. Anda tidak PERLU membatasi diri hanya pada satu jenis item saja. Tetapi semakin Anda tahu tentang merek, barang, atau perusahaan yang barangnya anda bantu jual kembali, maka itu, keputusan yang lebih baik bagi Anda. Awasi baik-baik nama merek, penjual populer, dan hal-hal yang mudah dikirimkan agar proses transaksi lancar, barang juga laris di pasaran.

Lakukan survey/riset produk

Salah satu bagian besar dari menjadi reseller/pengecer yang sukses adalah mencari tahu apa yang harus dijual kembali dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali. Luangkan waktu untuk meneliti barang apa yang paling laku, cari tahu barang apa yang ‘panas’ untuk musim belanja saat ini. Pelajari juga cara mengidentifikasi item yang benar dari yang palsu.

Mengetahui Tempat Berbelanja/Suplier yang baik

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan barang yang layak untuk dijual kembali di mana saja? Cermati supllier Anda. Beberapa toko memiliki ketentuan atas produk yang berbeda. Reseller sukses skala global bisa menjual barang kembali di situs top dunia Ebay.

Untuk lokal, mungkin anda bisa belanja di Tokopedia, Bukalapak, Shoppee dan lain sebagainya. Temukan supplier terbaik anda disana.

Cermat cek kondisi barang

Ini bisa jadi rumit! Di sinilah penelitian yang Anda lakukan tadi dapat berguna. Apalagi jika anda bermain di barang murah. Karena, barang-barang yang dalam kondisi terbaik biasanya akan dijual dengan harga terbaik. Jika suatu barang rusak, pastikan untuk mempertimbangkannya agar bisa ditukar.

Ketahui Potensi Pasar

Mengetahui pasar Anda adalah tentang bagaimana anda mengetahui di mana membeli produk dan bagaimana menjual barang yang Anda miliki. Misalnya, untuk skala global Amazon adalah tempat yang jauh lebih baik untuk menjual buku daripada eBay. Item yang besar atau sulit untuk dikirim melalui surat mungkin perlu dijual melalui Facebook atau Craigslist. Sebagian besar barang lainnya mungkin laku di Facebook, dan tdak cocok untuk platform lainnya. Lakukan penggalian dan cari tahu tempat terbaik untuk menjual barang-barang Anda.

Perhatikan kemasan produk dan proses pengiriman

Jika Anda melakukan banyak pembelian dan penjualan online, pastikan untuk cek kondisi kemasan produk tetap baik karena itu merupakan “customer service” kita di mata pelanggan.

Belajar Strategi Penjualan yang Sukses

Kunci sukses menjadi reseller adalah menjual kembali barang yang tepat pada waktu yang tepat. Manfaatkan musim penjualan puncak (misalnya sebulan menjelang libur lebaran) dan manfaatkan musim puncak sekolah membuat anda lebih mudah memainkan harga dan mengontrol margin keuntungan.

Lihatlah daftar reseller yang sukses dan tiru apa yang dilakukan mereka. Ingatlah bahwa gambar yang bagus, jelas, dan deskripsi ringkas, praktis dan jelas adalah jalan menuju penjualan yang sukses.

Ikuti kiat-kiat agar anda sukses menjadi reseller diatas. Jangan putus asa dan terus sukses dalam mencoba hal hal baru setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *