Tips cara promosi di Google agar banyak pengunjung & pembeli

Tips cara promosi di Google

Promosi di google bisa jadi solusi bisnis masa kini yang banyak mengandalkan interaksi online. Google sebagai search enginee terbesar di dunia sejauh ini cukup akrab dengan pebisnis, baik melalui cara promosi berbayar maupun yang gratis.

Seperti Google Adword (Ads) atau Google Organik (Search Engine Optimization).

Bagi yang masih pemula, mencari yang gratis di google bisa jadi sarana belajar. Tapi jangan salah, walaupun gratis tetap saja efektif jika paham cara promosi di google dengan tepat.

Salah satu teknik pr0mosi di google yang gratis adalah dengan memanfaatkan SEO.

Sudah banyak yang membuktikan efektifitas teknik SEO ini dalam pemasaran online. Terutama untuk produk dan jasa yang berbasis kebutuhan. Menggunakan SEO sangat efektif sekali.

Tapi, karena SEO (Search Engine Optimization) lebih banyak pekerjaan teknisnya. Maka, dituntut pengetahuan teknis yang mumpuni agar tidak salah melakukan optimasi website.

Dibawah ini adalah beberapa Tip SEO Dasar yang bisa anda terapkan pada website untuk mendapatkan ranking halaman 1 Google tanpa harus menyewa Konsultan SEO Website.

Mari kita simak tips tersebut satu persatu.

#01. Posting Artikel yang mendalam di website Anda

Menurut Moz Cast Feature Graph, 6% hasil pencarian Google mengandung artikel yang mendalam dan lengkap. Cirinya, memiliki jumlah kata yang lebih panjang.

Meskipun ini tidak tampak seperti angka yang besar, artikel yang memenuhi syarat google terlihat adanya peningkatan lalu lintas yang signifikan.

Jangan terlalu peduli dengan angka yang terlalu kecil.

Karena, ini hanya menunjukan indikasi bahwa google mengharga sebuah konten yang dibahas secara lengkap dan mendalam. Sehingga pengguna menjadi puas.

Jika anda bisa ranking, tentu akan berdampak pada pengunjung dan penjualan.

Mulai sekarang, cobalah untuk menulis dan membuat artikel website yang lebih lengkap dan mendalam. Sesuai dengan search intent dari keyword yang ditarget.

Jika anda anda menarget tipe keyword informational. Maka, membuat artikel panjang sudah menjadi keharusan bagi anda. Berbeda dengan keyword komersial. Biasanya tidak butuh artikel panjang.

Untuk anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai keyword. Anda bisa mempelajarinya pada 2 tempat berikut ini. Pertama Riset Keyword ala Azhima dan yang kedua Riset Keyword ala Kaffah Academy.

#02. Meningkatkan kepuasan pengguna

User ExperienceKepuasan pengguna lazim juga disebut dengan User Experience (UX).

Sejak update-update Algoritama terakhir. Elemen ini menjadi bagian yang sangat penting setiap kali update. Dan sangat masuk akal. Karena, google tidak ingin kehilangan penggunanya.

Jika pengguna tidak puas dengan hasil Google. Mereka akan pindah ke Search Engine lain.
Dan ini tidak di inginkan Google.

Sehingga user experience menjadi faktor penting bagi Google.

Bisakah Anda meningkatkan peringkat Google Anda dengan meningkatkan pengalaman tamu Anda saat pertama kali berkunjung ke situs Anda?

Dalam banyak hal, jawabannya adalah “Ya”.

Dan pengalaman beberapa Pakar SEO mengisyaratkan bahwa efeknya mungkin lebih besar dari yang kita sadari. Kami sendiri juga merasakan hal yang serupa.

Kita tahu bahwa Algoritma Google Panda menghukum website yang “Berkualitas Rendah”. Salah satu indikatornya adalah user experience yang tidak bagus.

Praktisi SEO berpengalaman juga tahu bahwa Google mulai mengukur user experience saat pengguna mengklik hasil pencarian (SERPs).

Nilai yang diukur ini kita kenal dengan sebutan CTR (Click Through Rate).
Semakin tinggi angkanya semakin bagus.

“… Google dapat melihat seberapa puas pengguna. … Tanda terbaik dari kepuasan mereka adalah” CTR yang tinggi “- ini terjadi ketika website masuk halaman 1 Google, idealnya yang teratas, dan tidak kembali lagi.” – Stephen Levy dari bukunya yang berjudul “In the Plex

CTR tinggi ini tidak berdiri sendiri. Karena, akan ada metrik penting berikutnya. Kita menyebutknya dengan Bouance Rate, inilah yang disinggung oleh Stephen Levy pada bukunya.

Kondisi seperti ini (Boaunce Rate) disebut pogosticking, atau return-to-SERP.

Dan jika Anda dapat menguranginya dengan menjaga pengunjung yang puas di situs Anda (atau setidaknya tidak kembali ke Google untuk mencari jawabannya di tempat lain) banyak SEO percaya Google akan membalas Anda dengan posisi lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Jadi, mencurahkan waktu dan tenaga anda untuk optimasi Bounce rate tidak kalah pentingnya dengan mendapatkan backlink berkualitas.

#03. Isi konten website Anda dengan banyak “cuplikan data terstruktur”

Google terus-menerus memperluas jenis cuplikan konten yang kaya akan tampilan dalam hasil penelusuran, termasuk acara, lagu, video yang dikenal sebagai data terstruktur.

Dua jenis optimasi favorit SEO untuk meningkatkan klik adalah video dan tulisan original.

Alhamdulillah, dengan melakukan optimasi terhadap konten. Website kami tidak saja berhasil mendapatkan cuplikan dari Google, tapi trafiknya juga naik signifikan.

Jadi, tulislah artikel anda dengan baik sehingga di sukai search engine Google.

#04. Pengoptimalan video

Pixel untuk cuplikan video menangkap lebih banyak pencarian di google daripada jenis postingan yang lain karena menurut sebuah studi telah menunjukkan bahwa mata kita langsung tertuju kepada mereka.

Tidak seperti foto penulis, cuplikan video sering kali lebih mudah untuk ditampilkan dan tidak perlu menghubungkannya dengan akun Google lainnya.

Cuplikan video umumnya mengharuskan pembuatan peta situs XML video dan menambahkan optimasi video schema.org sehingga lebih mudah dikenali.

Untuk menyederhanakan berbagai hal, banyak layanan pihak ketiga akan mengurus detail teknis untuk Anda terkait posting video ini.

Seperti Moz.com yang membuat sitemap dan menambahkan optimasi video dengan schema.org secara otomatis. Baik schema.org dan peta situs XML memungkinkan Anda menentukan thumbnail video yang muncul dalam hasil pencarian.

Karena thumbnail sangat mempengaruhi jumlah klik, pilihlah dengan bijak untuk optimasi.

#05. Isi web Anda dengan postingan foto yang marketable dan ukuran file yang tepat

Gambar yang marketable banyak di incar dalam hasil pencarian Google walaupun tidak menjamin lebih banyak klik. Namun, terkadang meningkatkan trust pengguna.

Tetapi mendapatkan foto yang tepat dapat membantu CTR Anda untuk mendapatkan banyak hasil. Beberapa faktor berikut ini bisa banyak membantu:

  • Gunakan wajah asli, bukan logo perusahaan, kartun, atau ikon
  • Warna kontras tinggi. Karena foto itu kecil, Anda ingin foto itu menonjol dengan pemisahan yang baik antara latar belakang dan latar depan.
  • Audiens ditargetkan. Misalnya, penggemar muda film anak-anak kemungkinan kecil tidak akan mengklik seorang pria tua dengan jas yang terlihat seperti penasihat keuangan.

Google baru-baru ini menjadi lebih selektif tentang foto-foto postingan website dan jeli memilih untuk ditampilkan.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam melakukan promosi website di Google. Jika anda melakukan SEO Website dengan benar, maka dalam waktu beberapa bulan anda akan melihat hasilnya.

Bagi kami, promosi di Google merupakan pilihan pertama.

Karena, selain bisa dilakukan tanpa harus membayar Google. Kualitas trafik yang dihasilkan juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan kualitas dari sosial media.

Ini yang kami rasakan selama ini.

Tingkat konversi trafik yang datang dari Google jauh lebih bagus dibandingkan dengan dari facebook dan Instagram. Oleh karenanya, mulailah promosikan website anda di Google menggunakan Teknik SEO.

Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak tentan cara promosi online.
Silahkan klik link tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *