Cara promosi Online yang efektif baik yang berbayar maupun gratisan

Cara promosi Online yang efektif baik yang berbayar maupun gratisan

Cara promosi online yang efektif

Cara promosi online melalui internet penuh dengan platform pemasaran baik yang memerlukan biaya atau tidak memerlukan biaya sepeser pun, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya. Sebelum adanya internet, bisnis hanya memiliki beberapa cara untuk memasarkan produk mereka dengan harga murah, melalui metode seperti mencetak brosur atau mensponsori acara lokal secara kecil-kecilan.

Sekarang ada banyak peluang di luar sana baik berbayar maupun gratisa, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Mengapa Anda harus mencari cara promosi online secara gratis?

Anda mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan untuk pemasaran pada tahap awal startup Anda. Inilah alasan utama mengapa Anda harus mencari cara promosi online gratis, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak ada cara efektif untuk mengenalkan produk Anda di luar sana.

Berikut adalah tujuh cara untuk mempromosikan bisnis online Anda yang tidak membutuhkan biaya sepeser pun:

Memanfaatkan Google Places

Mendaftarkan bisnis Anda dengan Google Places memungkinkan bisnis Anda ditemukan lebih mudah pada pencarian Google dan muncul di Google Maps. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir dan mendaftar, kemudian bisnis Anda akan diverifikasi melalui proses konfirmasi mereka, yang dapat dilakukan baik dengan panggilan telepon atau surat.

Selain Google, Yahoo juga memiliki basis data bisnis yang disebut Yahoo! Lokal. Layanan ini gratis, dan tentu saja membutuhkan beberapa menit untuk proses registrasi. Selain itu, Microsoft Bing juga memiliki layanan serupa yang mudah untuk mendaftar.

Cara promosi online gratis melalui media sosial

Media sosial bukan hanya alat untuk curhat atau say hello saja. Media sosial kini menjadi investasi gratis untuk setiap bisnis Anda. Anda dapat ikut iklan dan penawaran gartis di halaman Facebook Anda dan juga bisa menyapa pelanggan Anda di Twitter.

Jaringan di LinkedIn — baik di tingkat pribadi dan perusahaan — dapat menjadi cara lain untuk membantu startup Anda makin populer.

Cara promosi online gratis melalui blog

Blog tidak hanya membantu perusahaan Anda mendapatkan pengikut, tetapi merupakan cara untuk terhubung dengan konsumen Anda secara langsung.

Namun ingatlah bahwa salah satu kunci utama blogging adalah menjaga agar streaming konten blog Anda diperbarui sesering mungkin. Blog yang tidak aktif dan terbengkalai tidak ada harganya.

Pasang multimedia di YouTube dan Flickr

YouTube menyediakan cara promosi online gratis untuk mendistribusikan video promosi kreatif. Agar berhasil Anda harus memasang konten yang ingin dilihat orang dan relevan dengan bisnis Anda, iklan terlalu sederhana tidak akan banyak manfaatnya.

Profil Flickr juga dapat membantu dengan memberi Anda satu tempat untuk mengumpulkan semua foto untuk bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk menautkan kembali ke situs web Anda.

SEO untuk situs web perusahaan Anda

Pengoptimalan mesin pencari tidak dapat diremehkan di dunia Googling untuk mendapatkan pengunjung yang konstan. Ambil buku atau kunjungi panduan cara online tentang SEO dan pastikan situs Anda bekerja dengan teknik SEO yang benar.

Siaran pers melalui media sosial

Setiap kali bisnis Anda melakukan sesuatu yang layak diberitakan, jangan ragu-ragu untuk meluncurkan siaran pers agar orang-orang mengetahui hal itu. Media sosial bis amenjadi alat media yang kuat untuk digunakan untuk membantu menghasilkan publisitas, dan distribusi pesan secara gratis. Selain media sosial, ada puluhan situs web di luar sana yang dapat Anda gunakan untuk siaran pers Anda, seperti PRLog dan Press Release 24/7.

Bergabung dengan komunitas online yang relevan dan berkontribusi

Setiap ceruk bisnis memiliki komunitas online yang dapat Anda ikuti. Anda harus aktif didalamnya karena hanya mendaftar untuk sebuah forum dan memposting sesekali tentang bisnis Anda tidak bermanfaat bagi siapa pun, dan mungkin hanya akan mengganggu orang. Secara aktif berkontribusi dan membangun hubungan dengan komunitas, sambil menjaga bisnis Anda tetap tertarget. Secara pasif mempromosikan bisnis Anda dengan menempatkan tautan di profil Anda atau menyebutkannya hanya ketika konteksnya sesuai merupakan langkah yang kreatif.

Selain cara promosi online gratis, Anda juga bisa menggunakan yang berbayar. Mengapa Anda harus mencari cara promosi online secara gratis?

Tidak semua platform iklan gartis sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itulah Anda perlu menggunakan platform sesuai keinginan yang tentu saja ini berbayar. Banyak platform iklan memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten Anda ke audiens yang sangat spesifik, menarik pengunjung dan prospek yang berkualitas, dan mengembangkan basis pelanggan Anda.

Kelemahannya?

Anda harus membayarnya. Untungnya, banyak dari mereka yang tidak mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan ROI (imbal balik) yang dapat mereka hasilkan.

Jika Anda takut untuk mulai mempromosikan konten dengan iklan berbayar atau bahkan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam pos ini, saya akan memberi Anda ikhtisar tentang 7 platform promosi konten berbayar paling populer.

Iklan Facebook

cara promosi onlineMenurut Social Media Examiner, Facebook adalah platform promosi konten berbayar paling populer di antara para pemasar. Bahkan 84% pemasar B2B (bsusiness to business) menggunakannya untuk secara teratur mengarahkan lalu lintas pengunjung ke konten mereka.

(Sangat mengejutkan, bukan?). Dan menurut AdWeek, pengguna internet menghabiskan sekitar 28% waktu online mereka di jejaring sosial.

Statista juga melaporkan bahwa mengkonsumsi konten adalah salah satu aktivitas utama di Facebook. Facebook juga menarik pemirsa B2C (business to customers) dan B2B, menjadikannya saluran promosi yang layak untuk hampir semua bisnis.

Jadi terlepas dari apakah Anda menargetkan pelanggan atau merek, Anda memiliki peluang besar untuk menarik mereka ke konten Anda.

Biaya iklan facebook

Iklanan Facebook adalah platform penawaran, yang berarti Anda dapat menentukan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk sebuah kampanye iklan. Di Facebook, Anda dapat menawar Biaya Per Klik, Tayangan, Biaya Per Tindakan / Konversi dan Biaya Per Suka atau lika, dan harga akhir dipengaruhi oleh: pengunjung yang Anda targetkan, serta kualitas iklan Anda.

AdWords

AdWords adalah platform ideal untuk menarik pelanggan atau prospek baru, tetapi tidak mempromosikan konten. Laporan tentang pengguna Media Sosial yang disebutkan di atas menyatakan bahwa 41% pemasar sosial menggunakan AdWords untuk mempromosikan konten secara rutin, menjadikannya strategi promosi konten berbayar terpopuler kedua setelah facebook.

Dan menurut laporan Content Marketing Institute B2B Content Marketing Benchmarks terbaru, pemasaran mesin telusur adalah strategi konten berbayar paling populer di kalangan pemasar. Dari peserta survei, 66% mengaku menggunakan platform iklan Google untuk mempromosikan konten mereka. Terlebih lagi, 55% menganggap AdWords sebagai strategi promosi berbayar yang paling efektif.

Biaya Adwords

AdWords adalah sistem iklan berbasis lelang dimana tempat iklan Anda menentukan jumlah yang bersedia Anda bayarkan untuk setiap klik pada iklan Anda untuk kata kunci tertentu.

LinkedIn

Social Media Examiner melaporkan bahwa LinkedIn adalah strategi promosi konten berbayar terpopuler ke-3 di antara pemasar, dengan 18% dari mereka menggunakannya secara efektif untuk mendistribusikan konten.

Dan InsideView menyatakan bahwa LinkedIn memberikan lebih banyak prospek kepada perusahaan B2B daripada situs jejaring sosial lainnya atau blog perusahaan.

Biaya iklan Linkedin

LinkedIn menawarkan dua model penetapan harga berdasar CPM – Anda menawar berapa banyak yang Anda bayarkan untuk 1.000 tayangan iklan

Sekarang setelah Anda memahami apa perbedaan platform promosi konten berbayar dan gratis serta pro dan kontra dari masing-masing platform. Anda akan memiliki kesempatan yang lebih mudah untuk mendapatkan prospek potensial dengan cara memperhatikan konten Anda dengan cara yang tepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *