
Tips Cara promosi di Facebook
Untuk memasarkan bisnis Anda dengan sukses di Facebook, Anda perlu memahami peluang unik dan cara promosi di facebook, dan bagaimana peluang unik itu berbeda dari media lain. Anda tidak boleh sama menjalankan iklan di facebook sama dengan iklan radio atau televisi, atau memasarkan produk di majalah atau di situs web lainnya.
Jangan gunakan Facebook untuk Hard Selling (Jualan Langsung)
Orang-orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan tempat mereka mengobrol dengan teman, melihat foto dan video, dan bersantai. Anda perlu bergabung dalam percakapan dan menjadi bagian dari komunitas, daripada menjadi pebisnis yang mencoba menjual secara agresif.
Model hard selling seperti menggunakan slogan iklan, memposting berulang kali tentang produk atau layanan tertentu, atau memberikan daftar produk dan harga secara terpisah dari percakapan terkait akan mengakibatkan pengguna lain ‘tidak mengikuti Anda’ (unfollow/unfriend). Mereka bahkan dapat memposting komentar negatif tentang bisnis Anda.
Memiliki tujuan dan strategi yang jelas
Sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan Facebook, dan strategi untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kedai kopi mungkin memutuskan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh Facebook sebesar 10% dalam 6 bulan ke depan. Strategi mereka bisa meliputi:
- Membuat posting setiap pagi menampilkan ucapan selamat pagi pada hari istimewa, menggunakan kode kupon dan sebagainya.
- Memposting foto harian yang menampilkan pelanggan yang menjadi “Raja Kopi”’ pada hari itu
- Mendorong pengguna untuk memposting foto mereka sendiri sambil menikmati kopi.
Menetapkan tujuan dan strategi akan memberi Anda arahan untuk pemasaran Facebook kedepan dan cara untuk mengukur kesuksesan Anda.
Posting secara teratur
Tidak seperti media tradisional (seperti majalah atau televisi), atau media online lainnya (seperti halaman web), media sosial dibangun dengan kondisi sering terjadi pembaruan.
Penelitian Australia baru-baru ini menunjukkan bahwa pengguna Facebook memeriksa halaman mereka lebih dari 25 kali per minggu, dan mereka perlu melihat bahwa Anda secara teratur memposting materi baru. Beberapa panduan merekomendasikan untuk mem-posting setidaknya satu kali sehari, tetapi prinsip-prinsip intinya adalah memposting ketika Anda memiliki konten yang menarik, dan untuk menilai seberapa sering audiens Anda ingin mendengar dan melihat produk dari Anda.
Dorong komentar dan balas dengan cepat
Dorong pengguna Facebook lainnya untuk menanggapi posting Anda atau untuk memposting komentar mereka sendiri tentang bisnis Anda atau topik yang menarik bagi mereka dan Anda. Ketika mereka memposting, tanggapilah dengan cepat – dalam 24 jam adalah yang terbaik.
Gagal menanggapi akan melemahkan kesediaan teman Facebook Anda untuk terlibat komunikasi dengan Anda, dan mereka akan perlahan-lahan menjauh.
Gunakan gambar dan video
Gambar dan video adalah elemen utama dari branding produk di Facebook. Gunakan mereka secara kontinyu untuk menjaga teman-teman Anda terlibat dalam komunikasi dan merasa terhibur, misalnya saja:
- Pengecer pakaian bisa memposting foto-foto stok baru saat tiba produk dari suplier
- Seorang arsitek dapat memposting gambar rumah sehari-hari yang sedang direnovasi
- Seorang pelatih gym private dapat memposting video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.
Dapatkan interaktif dengan penawaran, kontes, permainan, survei, dll. Orang-orang akan menyukainya ketika Facebook menyenangkan, dan ketika itu memberikan sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dengan cara lain.
Ingat, penelitian menunjukkan bahwa diskon dan hadiah adalah alasan paling populer bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook bisnis. Demikian juga, kontes dan permainan dapat digunakan untuk menghidupkan halaman Anda.
Facebook juga dapat digunakan untuk mendistribusikan survei pelanggan. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda membuat survei singkat, dan berikan tautan survei yang dapat dengan mudah diklik, atau dibagikan dengan teman-teman mereka.