6 Langkah cara ranking website di Google untuk pemula sekalipun

cara ranking website di google

Kenapa harus masuk halaman 1 Google

Mungkin banyak yang bertanya-tanya.

Kenapa website kita harus masuk halaman 1 Google. Bukankah hanya dengan punya website sudah lebih dari cukup.

Bahkan kompetitor saja tidak punya website. Itu adalah pertanyaan yang sering mereka tanyakan.

Terutama yang belum merasakan betapa dasyatnya pemasaran online menggunakan SEO.

Sama saat penulis dulu baru memulai pemasaran online. Juga bertanya-tanya, kenapa harus halaman 1 Google.

Pertanyaan diatas langsung terjawab. Bukan oleh siapapun, tapi oleh hasilnya.  Jujur, penulis sudah membuat lebih dari 100 website sejak tahun 2010-an.

Tapi, hanya beberapa yang benar-benar berhasil masuk page 1 Google.

Diantara website yang masuk halaman 1 Google tersebut berhasil penulis jual dengan harga diatas 400 jutaan.

Bahkan dua website yang dijual tersebut pernah menghasilkan 40 juta – 100 juta lebih setiap sebulannya.

Cukup memuaskan untuk single fighter seperti penulis.

Perlu anda ketahui, halaman 1 Google itu sama dengan banjir trafik.

Dan trafik Google sebagian besarnya bisa kita konversi menjadi uang dengan sangat mudah. Tentu saja jika anda melakukannya dengan benar.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi pada anda.

Berbagi bagaimana cara ranking di Google sehingga mendapatkan banyak pengunjung berkualitas yang siap membeli dan menggunakan produk anda.

Mari kita mulai

Persiapan

Untuk anda yang benar-benar serius ingin masuk halaman 1 Google, tentu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Salah satu yang paling penting untuk anda siapkan adalah website.

Bukan sekedar website, tetapi website yang benar-benar siap tempur. Ia harus mobile friendly, loadingnya cepat, use experience bagus serta memenuhi standar SEO terbaru.

Intinya, website anda harus memenuhi kriteria ranking faktor yang paling utama.

Setelah hal-hal utama diatas selesai, barulah kita masuk pada tahapan-tahapan yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Pilih keyword yang akan dioptimasi

Pada banyak tulisan yang kami terbitkan terkait dengan SEO. Memilih keyword adalah salah satu langkah penting SEO yang paling kami tekankan.

Karena, ketika salah memilih keyword. Sebenarnya anda memilih untuk gagal.

Oleh karenanya, memilih keyword yang benar adalah langkah penting dan krusial. Ia akan berpengaruh pada proses SEO yang akan anda jalani berikutnya.

Sekali lagi, pilihlah keyword yang tepat.

Jika anda bingung, mungkin anda bisa memilih dan memilahnya berdasarkan ketentuan sederhana berikut ini :

Agar anda tidak bingung, kita bahas satu persatu.

Volume pencarian memadai

Pastikan volume pencarian keyword yang akan anda optimasi memenuhi KPI SEO yang sudah anda tetapkan. Ini juga tidak kalah pentingnya.

Volume pencarian keyword yang dioptimasi harus sebanding dengan effort yang akan anda keluarkan.

Tidak ada angka pasti terkait dengan keyword ini.

Tapi, setidaknya keyword memiliki volume pencarian minimal sebanyak 100 pencarian untuk keyword tunggal. Jadi, kalau optimasi 10 keyword, setidaknya ada 1000 potensi trafik.

Intent Keyword

Ya, perlu juga anda dalami intent dibalik keyword yang digunakan.

Pastikan intent keyword yang anda optimasi sesuai dengan model bisnis yang anda geluti. Untuk seorang publisher, tentu harus memiliki keyword yang masuk kategori “Informational” intent.

Untuk yang jualan online, pilihlah yang masuk kategori “Commercial” intent.

Begitu seterusnya.

Anda bisa mengetahui intent ini dari kata-kata yang digunakan.

Atau jika anda ingin tahu lebih jauh terkait dengan intent keyword ini. Mungkin bisa membaca tulisan bagus berikut ini.

Level Persaingan

Selain volume dan intent, yang tidak kalah penting adalah level persaingannya.

Ini berkaitan dengan sumber daya dan waktu yang dibutuhkan untuk memenangkan persaingan di halaman 1 Google.

Semakin mudah level persaingan keyword, semakin mudah meranking website. Begitu juga sebaliknya, jika persaingannya berat maka anda butuh waktu dan strategi advanced.

Intinya, sesuaikan level persaingan keyword yang dioptimasi dengan kemampuan anda.

Baik kemampun terkait dengan tenaga, waktu, uang serta pengetahuan.

Sampai disini, kami harap anda sudah bisa memilih keyword yang tepat untuk dioptimasi agar bisa masuk halaman 1 Google dengan mudah dan cepat

2. Analisa Persaingan

Step penting berikutnya adalah analisa persaingan keyword di Google.

Setelah anda memilih dan menentukan keyword yang akan dioptimasi, maka langkah berikutnya adalah mengetahui siapa yang menjadi pesaing anda.

Siapa disini bukan saja orang/perusahaan, tetapi websitenya di Google.

Untuk mengetahui apakah persaingan keyword tertentu mudah, sedang atau berat. Anda bisa menggunakan Tool SEO yang banyak beredar dipasaran.

Baik plugin, Software maupun tool SEO Online.

Salah satu tool SEO yang kami minati adalah Ahrefs. Cuma disayangkan sekali, ini adalah tool SEO berbayar dengan harga yang relatif mahal.

Mungkin untuk anda yang memiliki budget SEO yang besar tidak ada masalah. Tapi, untuk mereka yang memiliki budget terbatas, tentu saja harga layanan ini menjadi masalah.

Tapi, sekedar untuk coba kehebatan tool ini. Anda bisa menghubungi kami.

Siapa tahu jasa yang kami tawarkan anda butuhkan. Karena, kami menawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harus membelinya sendiri.

Dalam proses Analisa persaingan ini, setidaknya anda harus melihat beberapa data penting. Seperti Domain Authority, Domain Rating, Usia domain, Konten dan lainnya.

3. Membuat Konten SEO

Perlu diketahui, konten SEO disini bukan saja konten yang berisi keyword.

 Seperti praktek SEO pada masa lalu. Tidak selalu seperti itu.

Anda harus membuat konten yang sesuai dengan intent serta lebih baik dari konten website yang sudah berhasil masuk halaman 1 Google.

Pertimbangkan juga tipe, format dan angle artikel.

Selain itu, konten anda juga harus lengkap. Ini bukan berarti  artikel panjang, 1000 kata atau lebih misalnya. Konten bagus itu tidak melulu panjang.

Anda hanya perlu mempertimbangkan intent keyword.

Jika “commercial” intent, tentu saja konten panjang dan detail tidak akan berguna.

Dengan mengetahui intent juga akan memberikan informasi pada anda tipe dan jenis konten yang harus anda sajikan untuk pengunjung.

Apakah artikel “How-to, Ulasan, Perbandingan” dan lain sebagainya.

Untuk anda yang bingung dan belum tahu bagaimana cara membuat artikel SEO dengan benar dan mudah, mungkin tulisan ini bisa membantu anda.

4. Link Building

Ya, backlink adalah salah satu faktor ranking yang paling besar pengaruhnya.

Sehingga perlu bagi anda untuk melakukannya secara aktif. Baik menggunakan PBN, Guest Post, Content Placement atau apapun namanya.

Intinya anda harus mendapatkan backlink berkualitas.

Tapi, sebelum mulai usaha untuk mendapatkan backlink. Pastikan terlebih dahulu jumlah dan tipe backlink yang anda butuhkan.

Ini akan membantu anda menyusun strategi mendapatkan backlink.

Selain itu, mengetahui jumlah backlink yang dibutuhkan juga akan menghindarkan anda dari penggunaan backlink secara berlebihan.

Backlink itu penting, tapi harus dilakukan dengan rapi.

5. Internal Link

Sebenarnya, langkah ini lebih baik dilakukan sebelum Link Building.

Bisa anda lakukan saat anda menerbitkan artikel di website. Pastikan untuk melakukan internal link dengan baik sesuai dengan strategi seo anda.

Pada SEO tahun 2020 ini, internal link sangat besar pengaruhnya.

Artinya, anda jangan sampai mengabaikan teknik SEO paling mudah ini. Tidak ada biaya dan kerumitan untuk membuat internal link.

Sangat mudah dan murah.

6. Sabar

Perlu anda ketahui, agar website ranking dihalaman 1 Google dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mungkin seminggu, sebulan bahkan setahun.

Artinya, perlakukan yang anda berikan tidak akan dilihat hasilnya esok hari.

Oleh karenanya, anda harus sabar. Jangan tergoda oleh teknik-teknik SEO yang akan membahayakan website anda dikemudian hari.

Cukup ulangi langkah diatas untuk keyword yang berbeda. Sampai salah satu keyword dan konten yang anda terbitkan masuk halaman 1 Google.

Dan itulah yang kami lakukan sehingga menghasilkan 30juta lebih setiap bulannya.

Jika kami bisa, tentu saja juga bisa.

Kesimpulan

Optimasi SEO memang tidak mudah, tapi tetap mungkin bagi anda.

Melalui tulisan ini kami sudah memberikan langkah-langkah cara ranking website masuk halaman 1 Google dengan mudah.

Bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Anda hanya butuh konsisten menjalani proses diatas. Maka suatu saat anda akan menyaksikan website anda masuk halaman 1 Google.

Jika anda tetap masih ragu, coba baca panduan SEO pemula ini.
Mudah-mudahan membantu.

TULISAN TERBARU

ABOUT SEOPRENEUR

Agency SEO Indonesia yang sudah berpengalaman sejak 10 tahun lalu. Menawarkan Layanan SEO dengan biaya yang lebih murah.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang SEO.

HUBUNGI

Whatsapp :
0822-1917-5900

Hari Operasional :
Senin - Jum'at : 08.00 - 18.00 WIB

© 2023 SEOPreneur Indonesia All rights reserved
Lihat juga layanan ini melalui salman.agecny dan litleproject.com

TOP