5 Tips Untuk Memaksimalkan SEO Bisnis Kecil dengan mudah
Teknik pemasaran online tradisional seperti iklan digital berbayar bisa dikatakan berhasil, tetapi biaya iklan telah membuat usaha kecil berjuang untuk bersaing dengan bisnis besar.
Alternatif efektif untuk iklan berbayar adalah pengoptimalan mesin telusur (SEO), yang memungkinkan bisnis kecil Anda tetap kompetitif dan menjaga biaya iklan tetap rendah.
Yang diperlukan hanyalah strategi yang kuat, sedikit kerja keras dan waktu, agar hasil kerja Anda benar-benar menjadi kenyataan.
Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya?
SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas organik situs web secara online.
Tujuannya adalah agar properti web Anda muncul sedekat mungkin dengan bagian atas halaman pertama hasil mesin pencari (seperti Google). SEO yang dijalankan dengan baik dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda tanpa harus membayar iklan.
Banyak komponen dapat berkontribusi pada visibilitas organik yang lebih baik.
Beberapa yang paling penting termasuk konten , penargetan kata kunci , dan backlink. SEO yang baik juga bergantung pada beberapa aspek teknis, seperti kecepatan situs dan pengoptimalan seluler .
Sebelum masuk ke detailnya, berikut adalah daftar istilah umum SEO:
- Hasil pencarian organik : Ini juga disebut Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). Saat pengguna mesin telusur mengetikkan kueri atau istilah penelusuran ke mesin telusur seperti Google, daftar hasil akan dibuat. Daftar ini terdiri dari halaman yang paling relevan dengan kata kunci tersebut.
- Peringkat kata kunci : Ini adalah posisi tepat halaman web Anda dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Sebagian besar pencarian web menghasilkan ratusan halaman hasil, dan biasanya ada sepuluh atau lebih hasil pada satu halaman. Semakin dekat Anda ke peringkat nomor satu di halaman pertama, semakin banyak pengunjung dan pada gilirannya semakin banyak lalu lintas yang akan diterima situs web Anda.
- Pencarian lokal/SEO Lokal : Aspek SEO ini digunakan untuk mempromosikan bisnis lokal secara online. Misalnya, jika pengguna mengetik “toko sepatu Bandung” ke dalam mesin telusur, hasil penelusuran akan mencantumkan properti web dari setiap toko sepatu di Boston yang berperingkat baik untuk kata kunci tersebut. Ini sangat berbeda dari sekadar mengetik “toko sepatu”, yang kemungkinan akan memunculkan supplier online yang tidak spesifik untuk suatu geografi.
- Backlink : Ini adalah tautan dari situs web lain ke situs Anda. Tautan balik dapat membantu meningkatkan otoritas halaman dan peringkat kata kunci Anda. Tetapi jika Anda tidak hati-hati, keduanya dapat menurunkan dan merusak peringkat situs web Anda. Periksa untuk memastikan Anda hanya memiliki tautan balik dari sumber tepercaya yang membawa lalu lintas ke halaman Anda. Setiap beberapa bulan, perhatikan apa pun yang terlihat berisi spam dan tolak tautan untuk mencegahnya menurunkan peringkat Anda.
- SEO Teknis : Sisi teknis SEO, sebagai lawan dari sisi konten, memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi dan mengindeks situs web Anda (artinya “membaca” konten Anda dan mengetahui cara menentukan peringkatnya terhadap konten serupa). SEO teknis berfokus pada informasi backend seperti kode HTML , kecepatan situs dan pengoptimalan seluler (lihat di bawah), peta situs , dan arsitektur situs web .
- Kecepatan situs : Berapa lama waktu yang dibutuhkan situs web Anda untuk memuat? Ini adalah kecepatan situs Anda. Google menganggap ini sebagai faktor penting ketika memberi peringkat situs web dalam hasil pencarian. Mesin pencari menyukai situs web yang memuat lebih cepat dan efisien karena meningkatkan pengalaman pengguna. Jika situs Anda macet oleh gambar atau video yang berat, misalnya, dan tidak dirancang untuk memuat dengan cepat, itu akan menjadi hit dalam pencarian.
- Pengoptimalan seluler : Tampilan situs web Anda di perangkat seluler merupakan faktor penting lainnya dalam peringkat situs web. Jika Anda membuat properti web di desktop dan tidak memeriksa apakah properti itu diskalakan di berbagai perangkat seluler, situs Anda akan mendapat pukulan besar dalam hasil penelusurannya.
Untuk mengoptimalkan kinerja website di mesin pencari menggunakan SEO website, kami sarankan anda untuk mempelajari bagaimana cara seo toko online yang memberikan hasil yang memuaskan di SERPs.
Lima tips untuk melakukan SEO bisnis kecil dengan benar
- SEO bukan hanya untuk Google. Sebagai bisnis kecil dan berkembang, situs Anda akan terlihat bagus di Google. Tetapi tergantung pada audiens Anda, situs lain mungkin sama berharganya (atau lebih), termasuk Amazon , Reddit , Yelp , YouTube , Instagram , dan lainnya yang memiliki strategi SEO sendiri. Cari tahu di mana Anda ingin menghabiskan sebagian besar upaya Anda dan mulai dari sana.
- Strategi SEO memang efektif, tapi tidak instan. Meskipun SEO tidak gratis atau instan, ini efektif. Berapa lama waktu yang dibutuhkan SEO untuk bekerja tergantung dari mana Anda memulai. Jika Anda berada di tahap awal membangun strategi SEO Anda, harapkan setidaknya enam bulan untuk melihat hasilnya – bahkan lebih jika Anda sedang membangun situs web baru. Ingat bahwa SEO adalah proses yang berkelanjutan dan dibangun di atas dirinya sendiri. Landasan yang Anda letakkan selama bulan-bulan pertama itu akan membuat prosesnya lebih mudah nantinya. Semakin banyak upaya yang Anda curahkan untuk SEO, semakin sulit bagi pesaing Anda untuk mengungguli Anda, jika anda ingin menguasai lebih banyak tentang SEO, coba pelajar Materi Tutorial SEO yang kami terbitkan di Salman Agency.
- Targetkan kata kunci yang tepat. Rencanakan konten online Anda dengan kata kunci khusus untuk bisnis Anda. Tidak yakin kata kunci mana yang akan ditargetkan? Gunakan alat penelitian kata kunci seperti Ahrefs, SEMRush, atau BuzzSumo ; ada beberapa yang tidak terlalu mahal. Ini akan membantu audiens yang tepat menemukan konten dan situs web Anda yang paling relevan.
- Menulis untuk manusia pertama, dan mesin pencari kedua. berkualitas tinggi, menarik, dan relevan yang menggabungkan kata kunci yang ditargetkan akan menarik orang untuk tetap berada di situs web Anda, membaca lebih lama, dan berinteraksi dengan lebih banyak konten. Jika bisa, pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan populer yang relevan dengan bisnis Anda. Pamerkan solusi yang ingin dilihat pelanggan Anda. Meski menggiurkan, jangan sertakan tidak relevan dan/atau konten yang dijejali dengan kata kunci yang sama. Pembaca manusia Anda tidak akan setuju, dan konten ini akan berdampak negatif pada visibilitas pencarian Anda. Mesin pencari sangat mempertimbangkan hal ini saat menentukan hasil mana yang akan ditampilkan.
- Maksimalkan pencarian lokal untuk keuntungan Anda. Bisnis kecil Anda dapat menemukan kesuksesan besar dengan menargetkan pencarian lokal. Seperti yang dibuktikan oleh statistik, orang yang menelusuri secara lokal adalah calon pelanggan yang menunggu untuk dikonversi. Menurut data Sagapixel , hampir setengah dari semua pencarian di Google memiliki niat lokal. Dan kueri penelusuran “dekat saya” berlipat ganda pada tahun 2020. Tujuh puluh dua persen konsumen yang melakukan penelusuran lokal mengunjungi toko dalam jarak lima mil dari lokasi mereka saat ini. Saat melakukan pengoptimalan penelusuran lokal, pastikan untuk mengklaim laman Google Bisnis . Ini akan membantu Anda muncul di peta Google dan di hasil pencarian “dekat saya”. Untuk hasil yang lebih terlokalisasi, gabungkan kota atau negara bagian tertentu dengan kata kunci target Anda.
Tiga manfaat SEO untuk bisnis kecil
- Menurut penelitian BrightEdge , pencarian organik menyumbang 53% dari semua lalu lintas online dan berkontribusi 44% dari bagi hasil. SEO membawa lebih banyak pembaca online melalui pencarian organik – saluran digital terbesar.
- SEO meningkatkan kesadaran merek. SEO yang baik akan membantu Anda tampil di depan pesaing dalam hasil pencarian. Jika prospek yang meneliti menemukan situs Anda, merek Anda akan menjadi top of mind ketika mereka siap untuk melakukan pembelian.
- Jika dilakukan dengan benar, SEO sangat efektif – tetapi itu bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam. Dibutuhkan waktu dan upaya untuk menetapkan fondasinya, tetapi begitu Anda memilikinya, imbalannya sangat besar. Seperti menanam tanaman, semakin Anda memelihara SEO Anda, semakin ia akan tumbuh.
Bagaimana seharusnya usaha kecil memulai dengan SEO?
Langkah pertama adalah menyelesaikan audit teknis dan audit konten. Audit menyoroti area di mana Anda bekerja dengan baik dan area yang perlu ditingkatkan.
Audit adalah tempat yang bagus untuk memulai apakah Anda telah melakukan sedikit SEO atau tidak sama sekali. Setelah audit Anda selesai, Anda akan mengetahui ruang lingkup pekerjaan yang dibutuhkan untuk meningkatkan SEO Anda.
Bagaimana melakukan audit konten untuk SEO
Audit konten harus melakukan dua hal: Membantu mengungkap peluang untuk konten baru, dan menyoroti konten yang ada yang membutuhkan perhatian. Ini harus berupa daftar lengkap semua konten web Anda (yaitu blog) yang dikombinasikan dengan lalu lintas, keterlibatan, kata kunci peringkat, dan data backlink.
Bagaimana melakukan audit teknis untuk SEO
Audit teknis akan menunjukkan kepada Anda area di mana struktur situs web dan backend Anda perlu ditingkatkan. Sorot halaman dengan judul halaman atau deskripsi meta yang hilang atau duplikat.
Anda juga harus melacak kecepatan halaman, tautan rusak, atau rantai pengalihan di setiap halaman. Anda bahkan bisa mendapatkan lebih banyak teknis dan menyelami tag kanonik, hreflang, atau markup skema.
Bagaimana memilih layanan SEO untuk usaha kecil
Tidak yakin ingin menangani semua ini sendiri? Tidak ada kekurangan ahli SEO yang menunggu untuk membantu usaha kecil dengan strategi SEO. Menemukan agensi atau orang yang tepat sama pentingnya dengan mendapatkan strategi yang tepat.
Sementara pakar SEO internal mungkin bukan pilihan yang layak untuk bisnis kecil Anda, ada cara lain untuk memenuhi kebutuhan SEO Anda. Banyak agen menawarkan berbagai paket yang sesuai dengan usaha kecil. Beberapa bahkan mungkin mengusulkan kontrak tarif tetap berdasarkan layanan yang Anda inginkan.
Opsi ini akan memberi tahu Anda biaya pasti proyek dan pemenuhan jaminan. Jika Anda bersedia melakukan pekerjaan itu tetapi membutuhkan panduan untuk memulai, Anda dapat mencari konsultan SEO setiap jam.
Seperti kebanyakan layanan bisnis, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar dalam hal SEO. Anda ingin siapa pun yang Anda pekerjakan memberi Anda rekomendasi berkualitas. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk diajukan kepada agen potensial:
- Niche apa yang menjadi spesialisasi Anda?
- Seperti apa prosesnya, dan apa yang akan Anda kerjakan dari bulan ke bulan?
- Apa strategi membangun tautan Anda?
- Bagaimana Anda melacak kemajuan?
- Bagaimana Anda melaporkan?
- Seberapa sering Anda akan meninjau dan memperbarui strategi?
- Apakah Anda memiliki studi kasus proyek serupa?
- Apakah ada komitmen jangka waktu minimum?
Apakah Anda memutuskan untuk menangani SEO sendiri atau menyewa seorang ahli, sangat penting untuk memiliki dasar dan strategi SEO yang tepat. Dalam jangka panjang ini bisa menjadi keuntungan besar bagi bisnis Anda dan keuntungan Anda.
- Published in How to